Contact : WA 089653002233 | Instagram : @rhyfhad


KLIK PLAY MUSIK

Minggu, 20 Februari 2011

Awas Tertular OKKOTS


   Isi blogku ini kebanyakan cerita narsis tentang diriku (yang bisa bikin orang muntah darah dan ingin meninju layar komputer setiap membaca) tapi itu kan diriku dan buat apa cerita tentang orang lain, nanti salah ucap malah jadi dosa, sebelum kita membaca postingan ini mari kita sejenak santai serta melihat fotoku yang imut dan kyut .

   Kali ini saya mau membahas tentang salah ucat ucap alias OKKOTS.. ada yang bingung apa itu OKKOTS??, entah siapa ibu yang melahirkan OKKOTS ini tiba” populer  pada waktu saya masih SMP, saya juga tak tau pasti asal kata ini mungkin dari bahasa sangsakerta atau bahasa kesepakatan menurut saya (RhyFhad) yang jika di artikan OKKO = itu artinya salah atau tidak benar,  KOTS = artinya ucapan, pengucapan, sebutan atau pengeluaran kata, jadi, menurut prof.Rhyfhad seorang ahli dalam mengartikan kata dengan 30% masuk akal, definisi OKKOTS itu adalah pengucapan kata yang keluar dari mulut manusia yang secara reflex atau tidak sadar mengucapkan kata yang salah serta kadang berlebihan tapi maksudnya sama (bisa di mengerti??), contohnya begini, jika ingin mengucapkan kata UCAP biasanya jadi UCAT, IKAN jadi IKANG, ULANG TAHUN jadi ULAN TAHUNG .

   Definisi kedua juga telah di temukan bahwa OKKOTS itu bukan hanya pada pengucapan tapi juga pada penulisan, baik itu tulisan surat atau sms (jangan cari di blogku), kebanyakan sekarang penyiar radio yang kalau menyiar logat pakai ELU, ELU, GUE  GUE, pas selesai siaran kembali bahasa bugis tidak logat, pernah saya mendengar penyiar yang gara” Logatnya itu sampai” susah bicara, mungkin lidahnya terlipat atau bibirnya dower seketika, se narsis”nya RhyFhad Tampan ini tapi tidak pernah OKKOTS khususnya dalam BLOG (takut jari” bisa terlipat”), coba cari postinganku yang pake gue, elu, nggak, aye, nyak, babe dll..  pasti tidak ada itu bahasa khas orang Jakarta, tadinya ingin buat blog bahasa bugis tapi itu hanya untuk mayoritas orang bugis bukan se-Indonesia .

   Masih seputaran OKKOTS, apakah orang Jakarta itu bisa di katakan OKKOTS??, pertanyaan ini muncul ketika mengingat cerita seniorku Reza Pratama (hanya namanya yang mirip artis) yang ceritanya tentang orang bugis yang bergaul dengan orang Jakarta, orang bugis ini sangat tertarik berbahasa Jakarta sampai” dia mempunyai pemahaman sendiri dan menurutnya orang Jakarta itu kebanyakan membuang huruf pertama dari semua kata contohnya *SUDAH* jadinya *UDAH*, *BEGITU* jadinya *GITU*, *BEGINI* jadinya *GINI*,  *SAMA* jadinya *AMA*. Nah.. si bugis ini dengan sok cool  bercakap dengan orang Jakarta yang sedang makan di warung  . isi percakapannya begini :

Si Bugis : Mat oreh (maksudnya selamat sore) .
Si Jakarta : (hanya balas senyum) .
Si Jakarta : (bertanya), udah makan??,
Si bugis : udah.. adi agi aya akan oti atu ama opi ampur adu . (bingung???, maksudnya, Sudah.. Tadi Pagi Saya Makan Roti Satu Sama Kopi Campur Madu) .
Si Jakarta : (dalam hati) Gila Loe, preet…

Dari percakapan diatas sebenarnya yang OKKOTS itu siapa yah???, tidak usah ikut”an bahasa orang kalau kita juga punya bahasa sehari” dan kalau mau lebih bagus gunakanlah helem bahasa INDONESIA yang benar agar semua orang Indonesia mengerti apa yang kita maksud .
Saya Rhyfhad dengam hormak, jangang kemana” setelah pesang” berikup inih .. (OKKOTS mode on) .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar