Contact : 085255495033 | Instagram : @rhyfhad


KLIK PLAY MUSIK

Minggu, 09 Januari 2011

wahh.. karang gigi??

  sesuatu yang mengganjal di belakang gigi itu rasanya tak nyaman apalagi jika tersentuh lidah, apa sebenarnya yang melekat bagai batu kerikil di belakang gigi ini??, itu namanya karang gigi, apa itu karang gigi??? nah.. saya akan menjelaskan sedikit tentang karang gigi, walau saya ini Lulusan atau jebolan anak IPS dan kuliahnya juga di FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) tapi saya juga punya definisi tentang karang gigi .

ini dia karang gigi.
   Karang Gigi yang nama lainnya adalah kalkulus (klo tak salah) merupakan kotoran dalam mulut yang menempel di gigi baik di luar dan dalam gigi dalam jangka waktu lama sehingga lama kelamaan akan mengeras dan membatu sehingga sulit untuk dibersihkan dengan gosok gigi. Dari segi penampilan karang gigi memang kurang sedap dipandang mata sehingga bagi yang memperhatikan penampilan sebaiknya membersihkannya.

   Setiap orang beda-beda dalam menghasilang karang gigi di dalam mulutnya. Ada yang mudah terbentuk dan ada pula yang lama terbentuknya tergantung kondisi lingkungan dalam mulut, kandungan dalam air liur (ludah), makanan yang kita makan, kondisi gigi geligi, jenis kuman yang ada di mulut kita, dan lain-lain.

   bagaimana cara membersihkan karang gigi???, mungkin bagusnya di gosok pakai jarum atau linggis saja yah???, tapi mungkin cara terbaik ke dokter kandungan, gigi yang memang ahli dalam gigi,
Menggunakan cara yang salah justru hanya akan memperparah keadaan yang tadinya baik-baik saja. Jika kamu nekat membersihkan dengan batu, pisau, logam, benda tajam, atau bahkan linggis dan lain-lain maka bisa jadi yang dikikis justru lapisan email gigi kita yang sangat penting atau bahkan bisa menyebabkan infeksi dan kantung kuman dalam gigi dan gusi.

   kata orang mencegah lebih baik daripada mengobati, sebelum terjadi mari kita mencegahnya dari sekarang, cegah dengan cara yang seperti di bawah ini .
1. Rajin gosok gigi setelah makan dan sebelum tidur dengan pasta gigi atau odol yang mencegah plak.
2. Rajin minum air putih yang bersih sambil kumur-kumur serta di telan dan rasakan nikmatnya.
3. Rajin membersihkan bekas sisa makanan / jigong yang ada di pojok dan sela-sela gigi dengan benang gigi.
4. Rajin kumur-kumur dengan cairan pembersih mulut yang bisa mencegah plak karang gigi.
5. Rajin makan buah dan atau sayur karena seratnya dapat membantu menghilangkan sisa makanan di gigi dan gusi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar